Karnaval Memperingati Hari Pahlawan ( 10 November 2017 )

  • dutayosomulyo
  • Dec 21, 2017

Dalam memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Kampung Duta Yoso Mulyo mengadakan Karnaval yang diikuti oleh siswa SMK, SMP, SD, dan PAUD wilayah Kampung Duta Yoso Mulyo. Dilaksankan pada tanggal 10 November 2017 di SMP MMT Rawa Pitu.

Karnaval memperingati Hari Pahlawan 10 November 2017

Mengapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan ? Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Terjadinya peperangan besar-besaran antara tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerderkaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Pertempuran Surabaya jadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Siswa Smp Kelas IX SMP MMT RAWA PITU mengikuti karnaval

Juga jadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Pertempuran dimulai pada 1 Maret 1942, ketika tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa dan tujuh hari kemudian, 8 Maret 1942 tentara Belanda menyerah tanpa syarat berdasarkan Perjanjian Kalijati.

Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.
Hari Pahlawan berawal dari pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. (dokumen)

Tiga tahun kemudian, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah dijatuhkannya bom atom (oleh Amerika Serikat) di Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu terjadi pada bulan Agustus 1945. Dalam kekosongan kekuasaan asing tersebut, Soekarno kemudian memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Insiden di Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya