Cuaca Ekstrim Mengakibatkan Rumah Warga Terendam air dan Puluhan Hektar Sawah Gagal Tanam

(Dutayosomulyo.desa.id) Pada awal Desember tahun ini cuaca di Kampung Rawa Pitu sedikit ekstrim, hujan lebat hampir di seluruh pulau lampung. Hampir disetiap harinya terjadi hujan lebat. Akibat dari curah hujan yang tinggi air sungai meluap kepemukiman warga dan menggenangi rumah mereka. Ini dikarenakan Intensitas air sungai yang tinggi dan juga pintu air di Kampung Duta Yosomulyo ini Jebol dan rusak berat.

Sabtu, 2 Desember 2017 dini hari Parmin salah seorang warga menjumpai rumahnya sudah tergenang air. ia bergegas mengamankan perabotan rumah ketempat yang lebih tinggi. Air dapat masuk kedalam rumahnya dikarenakan dataran rumahnya lebih rendah dengan rumah warga lainya.

Halaman perumahan warga Rt 02 Rw 01 terendam air setinggi 30 centimeter

Tidak hanya rumah warga, lahan sawah milik para petani pun terendam air dengan ketinggian 30 sampai 40 centimeter. Di SK 4 ketinggian air hingga lutu orang dewasa, hampir seluruh lahan persawahan terendam air. Akibatnya puluhan hektar lahan persawahan petani gagal tanam bulan ini.

Suasana lahan persawahan yang terendam air

Disisi lain para warga sibuk memperbaiki pintu air sungai yang rusak parah, agar air sungai tidak langsung masuk menggenangi halaman dan juga perumahan warga. Paini salah seorah warga menuturkan bahwa “Hujan di bulan ini sangatlah sering sekali terjadi, kita para petani kesusahan untuk melakukan cocok tanam. apalagi rumah terendam air” tutur Paini. Warga Duta Yosomulyo mengharapkan perhatian pemerintah untuk menindak lanjuti situasi ini karena dengan cuaca yang tidak menentu seperti ini para petani pun tidak bisa berbuat apa – apa.

“Desa Berjejaring, Indonesia Kuat”

Facebook Comments
About dutayosomulyo 37 Articles
Bekerja di kampung dutayosomulyo mulai tahun 2018

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan